Surat permohonan rekomendasi proposal adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau sebuah organisasi yang meminta rekomendasi dari pihak lain terkait dengan proposal yang akan diajukan. Surat ini biasanya digunakan untuk meminta dukungan atau persetujuan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal tersebut.

Fungsi Surat Permohonan Rekomendasi Proposal

Surat permohonan rekomendasi proposal memiliki beberapa fungsi antara lain:

  1. Sebagai alat untuk memperkenalkan proposal yang akan diajukan kepada pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal tersebut.
  2. Sebagai alat untuk memperoleh dukungan atau persetujuan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal tersebut.
  3. Sebagai alat untuk memperoleh tanggapan atau masukan yang berguna dalam menyempurnakan proposal yang akan diajukan.

Tujuan Surat Permohonan Rekomendasi Proposal

Tujuan utama dari surat permohonan rekomendasi proposal adalah untuk memperoleh dukungan atau persetujuan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal yang akan diajukan. Selain itu, surat ini juga bertujuan untuk memperoleh masukan atau tanggapan yang berguna dalam menyempurnakan proposal tersebut.

Format Surat Permohonan Rekomendasi Proposal

Format surat permohonan rekomendasi proposal tidak jauh berbeda dengan format surat pada umumnya, terdiri dari:

  • Header yang berisi nama, alamat, nomor telepon dan email pengirim surat

  • Nama dan alamat penerima surat

  • Tanggal penulisan surat

  • Isi surat yang terdiri dari:

  • Pembukaan yang berisi perkenalan diri atau organisasi pengirim surat

  • Penjelasan tentang proposal yang akan diajukan

  • Permohonan rekomendasi atau dukungan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal tersebut

  • Penghargaan dan terima kasih yang disampaikan kepada pihak yang menerima surat

  • Tanda tangan pengirim surat

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Proposal

Berikut adalah contoh surat permohonan rekomendasi proposal yang dapat dijadikan referensi:

Contoh 1

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara/i

di Tempat

Dengan hormat,

Kami dari Yayasan Peduli Anak Indonesia (YPAI) ingin memohon dukungan dan rekomendasi dari Bapak/Ibu/Saudara/i terkait dengan proposal kami yang berjudul “Program Pendidikan Anak Usia Dini”.

Program ini bertujuan untuk membantu pendidikan anak usia dini di Indonesia, terutama pada daerah-daerah yang masih minim akses terhadap layanan pendidikan. Program ini akan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti pemberian beasiswa, pelatihan bagi pendidik, penyediaan buku dan peralatan pendidikan, serta pembangunan fasilitas pendidikan.

Kami memohon dukungan dan rekomendasi Bapak/Ibu/Saudara/i untuk dapat memberikan masukan dan dukungan dalam mewujudkan program ini. Kami yakin dengan dukungan dari Bapak/Ibu/Saudara/i, program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak di Indonesia.

Demikian permohonan dukungan dan rekomendasi ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

Yayasan Peduli Anak Indonesia (YPAI)

Contoh 2

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara/i

di Tempat

Dengan hormat,

Kami dari Komunitas Seni Rupa “Kreatif” ingin memohon dukungan dan rekomendasi dari Bapak/Ibu/Saudara/i terkait dengan proposal kami yang berjudul “Pameran Seni Rupa Kreatif”.

Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan karya seni rupa dari para pelukis dan seniman muda Indonesia. Pameran ini akan dilaksanakan di galeri seni terkenal di Jakarta dan akan menampilkan karya-karya seni rupa yang berkualitas dan bernuansa kontemporer.

Kami memohon dukungan dan rekomendasi Bapak/Ibu/Saudara/i untuk dapat memberikan dukungan dan rekomendasi terkait pameran ini. Kami yakin dengan dukungan dari Bapak/Ibu/Saudara/i, pameran ini dapat menjadi ajang yang memperkenalkan karya seni rupa Indonesia kepada masyarakat luas.

Demikian permohonan dukungan dan rekomendasi ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,

Komunitas Seni Rupa “Kreatif”

FAQs

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan surat permohonan rekomendasi proposal:

1. Siapa yang perlu membuat surat permohonan rekomendasi proposal?

Surat ini biasanya dibuat oleh seseorang atau sebuah organisasi yang ingin meminta dukungan atau persetujuan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal yang akan diajukan.

2. Apa saja tujuan dari surat permohonan rekomendasi proposal?

Tujuan utama dari surat permohonan rekomendasi proposal adalah untuk memperoleh dukungan atau persetujuan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal yang akan diajukan. Selain itu, surat ini juga bertujuan untuk memperoleh masukan atau tanggapan yang berguna dalam menyempurnakan proposal tersebut.

3. Bagaimana format surat permohonan rekomendasi proposal?

Format surat permohonan rekomendasi proposal tidak jauh berbeda dengan format surat pada umumnya, terdiri dari header yang berisi nama, alamat, nomor telepon dan email pengirim surat, nama dan alamat penerima surat, tanggal penulisan surat, dan isi surat yang terdiri dari pembukaan, penjelasan tentang proposal yang akan diajukan, permohonan rekomendasi atau dukungan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal tersebut, penghargaan dan terima kasih yang disampaikan kepada pihak yang menerima surat, serta tanda tangan pengirim surat.

4. Apakah contoh surat permohonan rekomendasi proposal dapat dijadikan referensi?

Tentu saja, contoh surat permohonan rekomendasi proposal dapat dijadikan referensi untuk membuat surat yang serupa. Namun, pastikan untuk menyesuaikan konten dan format surat dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.

5. Apakah surat permohonan rekomendasi proposal dijamin akan berhasil?

Tidak ada jaminan bahwa surat permohonan rekomendasi proposal akan berhasil dalam memperoleh dukungan atau persetujuan dari pihak yang dianggap memiliki pengaruh atau kepentingan terkait dengan proposal tersebut. Namun, dengan menyusun surat yang baik dan memperhatikan konteks serta kepentingan pihak yang dituju, peluang untuk memperoleh dukungan atau persetujuan dapat meningkat.

6. Apakah ada tips untuk membuat surat permohon